Plagiarism Policy

Berikut adalah beberapa yang termasuk ke dalam tindakan plagiat:
1. Menyerahkan artikel hasil karya orang lain tanpa adanya rujukan.
2. Melakukan paraphrase tanpa menyatakan sumber yang jelas.
3. Menggunakan ide, teori, data atau informasi tanpa menyerahkan sumber yang jelas.
Author yang menyerahkan artikelnya untuk dipublikasikan di JISK harus benar-benar menjamin bahwa naskahnya terbebas dari hal-hal tersebut. Jika terbukti ada plagiat dalam artikel, maka author harus bersedia menerima sanksi sesuai dengan undang-undang.

Setiap penulis menyatakan bahwa:

  1. Artikel yang dikirimkan ke JISK adalah asli; bebas pemalsuan, plagiat, duplikasi, fragmentasi dan pelanggaran hak cipta, dan telah ditulis sebagaimana tercantum dalam artikel dan belum pernah dipublikasikan di tempat lain, maka telah lulus diperiksa plagiarismenya.
  2. Artikel tidak sedang dipertimbangkan untuk diterbitkan jurnal lain dan tidak akan dikirim ke jurnal lain untuk evaluasi saat sedang dinilai oleh JISK.
  3. Artikel tidak mengandung pernyataan melanggar hukum, memfitnah atau dan tidak mengandung materi melanggar hak pribadi atau badan.
  4. Jika penulis ingin membatalkan artikel selama proses review, maka harus memberitahukan kepada editor dan mengikuti aturan pembatalan artikel yang ditetapkan dalam JISK.

Jika ada pelanggaran pernyataan, penulis bersedia mendapatkan sanksi dari JISK dan dimasukkan dalam daftar penulis yang dicekal oleh JISK.

Tingkat plagiat:

  1. Plagiasi artikel yang dikirim akan diterima JISK < 20 %,
  2. Plagiasi artikel yang terdetek sistem JISK > 20 %, maka penulis diminta untuk mengubah teks dan kutipan dengan benar.
  3. Plagiasi artikel yang terdetek sistem JISK > 50%, maka artikel ditolak untuk dipublikasikan di JISK.

Semua penulis artikel bertanggung jawab atas isi artikel yang kirim, semua penulis harus menandatangani Formulir Pernyataan Etika Publikasi JISK.

DOWNLOAD: Formulir Pernyataan Etika Publikasi JISK