Gambaran Komunikasi Interpersonal Mahasiswa dengan Dosen Prodi Ners di STIKes Santa Elisabeth Medan Tahun 2021

Penulis

  • Lindawati F. Tampubolon Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Santa Elisabeth, Medan, Indonesia
  • Ance M. Siallagan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Santa Elisabeth, Medan, Indonesia
  • Nestariang Laia Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Santa Elisabeth, Medan, Indonesia

Kata Kunci:

Komunikasi interpersonal

Abstrak

Komunikasi antar manusia adalah sebuah proses komunikasi dan upaya individu atau kelonpok yang berdampak dengan mengkomunikasikan informasi atau pesan yang di maksud secara verbal dan nonverbal sehingga terjadi umpan balik dan keterlibatan antara kedua belah pihak. Efektivitas komunikasi sangat penting dalam lingkungan pendidikan untuk mendukung kegiatan seperti belajar mengajar yang mentransfer pengetahuan dari profesor ke mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran komunikasi interpersonal mahasiswa dengan dosen  Prodi Ners STIKes Santa Elisabeth Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, pengambilan sampel menggukan teknik total sampling, sehingga responden sebanyak 91 orang. Hasil penelitian penelitian menunjukkan bahwai komunikasi interpersonal mahasiswa Ners tingkat III dengan dosen mayoritas berada dalam kategori cukup baik (94,5 %). Hasil penelitian dapat memberikan informasi mengenai gambaran komunikasi interpersonal mahasiswa dengan dosen di prodi ners STIKes Santa Elisabeth Medan, pada penelitian selanjutnya diharapkan dengan adanya komunikasi interpersonal mahasiswa dengan dosen di dapat pertahankan atau di tingkatkan menjadi lebih baik lagi

Referensi

Sam U, Manado R, Hamel RS. Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Prestasi Akademik pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado. 2017;5.

Pane A, Darwis DM. Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kaji Ilmu Keislaman. 2017;3(2):333.

Wulandari AE. Hubungan antara Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Kelas VII 1. 2018;01:397–405.

Kripsi MES, Pratama RA, Anggraini R, Hermano DH. Pengaruh Corporate Governance Efficiency terhadap Internet Financial Reporting Quality. 2017;114–22.

Ali S, Mia NH. Application of Assessment Based on Portfolio and Learning Journal to Increase Metacognitive Skills and Students’ Learning Motivation in Planning of Biology Teaching Course. Desember. 2016;II(2):50–61.

Utomo PC, Probandari A. Hubungan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa dengan Dosen dan antar Mahasiswa dengan Motivasi Belajar. J Keterapian Fis. 2016;1(2):90–4.

Saputra AI, Haq MS. Pengaruh Komunikasi Interpersonal antara Dosen dan Mahasiswa. 2019;

Zeubaidi AN, Suryani N, Probandari AN. Hubungan antara Komunikasi Interpersonal Dosen. 2018;13:42–66.

Abubakar F. Pengaruh Komunikasi Interpersonal antara Dosen dan Mahasiswa terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Akademik Mahasiswa. 2015;18(1):53–62.

Bernada E, Made E. Komunikasi Interpersonal antara Mahasiswa dan Dosen Di STIKes Dirgahayu Samarinda. 2019;(21):43–54.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-21

Cara Mengutip

1.
Tampubolon LF, Siallagan AM, Laia N. Gambaran Komunikasi Interpersonal Mahasiswa dengan Dosen Prodi Ners di STIKes Santa Elisabeth Medan Tahun 2021. J. Indah Sain.Klin. [Internet]. 21 Agustus 2021 [dikutip 9 Desember 2022];3(2):41-4. Tersedia pada: http://stikesindah.ac.id/jurnal/index.php/jisk/article/view/57

Terbitan

Bagian

Articles