Hubungan Self Efficacy dengan Kemampuan Berpikir Positif pada Remaja di SMP Karya Bhakti Kecamatan Tarabintang Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun 2021

Penulis

  • Lindawati Simorangkir Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Santaa Elisabeth, Medan, Indonesia
  • Amnita Ginting Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Santaa Elisabeth, Medan, Indonesia
  • Elisabeth Christina Tumanggor STIKes Santa Elisabeth Medan

DOI:

https://doi.org/10.52622/jisk.v3i2.61

Kata Kunci:

Efikasi diri, Kemampuan berpikir positif

Abstrak

Self efficacy merupakan seseorang yang memiliki keyakinan yang tinggi dimana individu mampu mengarahkan perilaku untuk giat dan lebih tekun dengan segala aktivitas akademik. Kemampuan nalar positif adalah watak atau tingkah laku yang dimiliki untuk memiliki pilihan untuk mengambil keputusan dengan memanfaatkan jiwa yang solid dan jernih yang dimulai atau muncul dari energi positif dan selanjutnya melihat segala sesuatu dalam kaitannya dengan kesusilaannya. Penelitian ini diharapkan dapat memutuskan apakah ada hubungan antara kelangsungan hidup diri dan kemampuan berpikir positif. Strategi eksplorasi yang digunakan berhubungan dengan metodologi cross sectional, jumlah responden sebanyak 53 orang. Teknik.pengambilan ini dilakukan dengan cara menggunakan kusioner yang dibagikan secara langsung. Pengambilan sampel menggunakan simple randrom sampling berjumlah 53 responden. Hasil penelitian diperoleh sebagian besar responden dengan Self Efficacy yang tinggi sebanyak 43 orang (81,1%) denganlkemampuan berpikir positif dengan kategori tinggi sebanyak 25 orang (47,2%). Hasil uji korelasi fisher’s Exact Test denganlp-valuelsebesarl0,488 (p<0,05)lartinya tidakladalhubunganlyang signifikan.antara self efficacy denganlkemampuan berpikir positif pada remaja di SMP Karya Bhakti Kecamatan Tarabintang Kabupaten HumbanglHasundutan. Self efficacy yangkdimilikikolehksiswa SMP Karya Bhakti sangatltinggi sedangkan siswa yanglmemiliki kemampuan dalam berpikirlpositif sangat rendah, diharapkan siswa lebih mampu dalam mengubah sikap atau perilaku untuklmeningkatkanlkemampuan dalamlberpikir positif danlmenerapkan selflefficacy dalam diri setiap individu.

Referensi

Swandono MA. Hubungan antara Berpikir Positif dengan Active Coping Behavior. 2018;5(2):72–8.

Nurtiffany TG, Wibowo Mungin E, Setyowani N. Indonesian Journal Of Guidance and Counseling. Indones J Guid Couns Theory Appl. 2018;5(1):39–44.

Yuliyani R. Peran Efikasi Diri (Self Efficacy) dan Kemampuan Berpikir Positif terhadap Kemampuan Pemecahan. Masal Mat. 2017;7(2):130–43.

Napitupulu L. Hubungan Konsep Diri dengan Perilaku Merokok pada Remaja di SMA Angkasa 1 Lanud Soewondo Medan Tahun 2020. Indones J Med Lab. 2020;1(1):26–36.

Anggraini, Y., Syaf, A., Murni A. Hubungan antara Berpikir Positif dengan Kecemasan Komunikasi pada Mahasiswa. Psychopolytan. 2017;1:31–8.

Ananda LR, Suprihatin T. Hubungan antara Berpikir Positif dan Efikasi Diri dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Mahasiswa Unissula. Pros Konf Ilm Mhs UNISSULA 2. 2019;129–36.

Hasanah U, Fitri NL, Supardi S, PH L. Depression Among College Students Due to the COVID-19 Pandemic. J Keperawatan Jiwa. 2020;8(4):421.

Rachmawat F, Budiningsih TE. Hubungan antara Berpikir Positif dengan Efikasi Diri Akademik Pada Mahasiswa yang Sedang Menyusun Skripsi. Intuisi J Psikol Ilm. 2017;7(1):14–7.

Machmudati A, Diana RR. Effectiveness Of Positive Thinking Training to Reduce Anxieties Doing Thesis on University Students. Jurnal Intervensi Psikologi. 2017;9(1):107–28.

Virgonita M, Linayaningsih F. Efektivitas Pelatihan Berfikir Positif Sebagai Strategi Coping Stress pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Dinamika Sosial Budaya. 2016;18:251–9.

Mukti B, Tentama F. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Efikasi Diri Akademik. Pros Semin Nas Magister Psikol Univ Ahmad Dahlan. 2019;341–7.

Dami ZA, Loppies PA. Efikasi Akademik dan Prokrastinasi Akademik sebagai Prediktor Prestasi Akademik. 2018;(April).

Wahyuni FS, Dahlia. Hubungan antara Efikasi Diri Akademik dengan Prestasi Akademik pada Siswa SMA di Banda Aceh. J Psikol Unsyiah. 2020;3(2):80–100.

Subaidi. Self-Efficacy Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. J Sigma Univ Madura. 2016;1(2):64–8.

Permana H, Harahap F, Astuti B. Hubungan antara Efikasi Diri dengan Kecemasan dalam Menghadapi Ujian pada Siswa Kelas IX di Mts Al Hikmah Brebes. 2016;13(1):51–68.

Prahara SA, Budiyani K. Pelatihan Efikasi Diri Guru: Efikasi Diri Akademik dan Prestasi Belajar Siswa. Insight. 2019;21(1):39–49.

Nugrahaningsih Bda. Berpikir Positif pada Siswa SMK. J Chem Inf Model. 2016;53(9).

Surabaya UN, Surabaya UN. Prosiding Seminar Nasional 2019 Pengembangan Karakter dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4,0. 2019;(September):216–9.

Basito MD, Arthur R, Daryati D. Hubungan Efikasi Diri terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMK Program Keahlian Teknik Bangunan pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik. J Pensil. 2018;7(1):21–34.

Sawitri D. Pengaruh Pelatihan Berpikir Positif pada Efikasi Diri Akademik Mahasiswa (Studi Eksperimen pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Undip Semarang). Jurnal Psikologi Undip 2016;8(2):135–44.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-21

Cara Mengutip

1.
Simorangkir L, Ginting A, Tumanggor EC. Hubungan Self Efficacy dengan Kemampuan Berpikir Positif pada Remaja di SMP Karya Bhakti Kecamatan Tarabintang Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun 2021. J. Indah Sain.Klin. [Internet]. 21 Agustus 2021 [dikutip 8 Desember 2022];3(2):50-6. Tersedia pada: http://stikesindah.ac.id/jurnal/index.php/jisk/article/view/61

Terbitan

Bagian

Articles