Dunia Metaverse: Kelebihan dan Kekurangan

schedule
2024-05-07 | 10:38h
update
2024-05-06 | 10:46h
person
Chika Chandika
domain
stikesindah.ac.id
Dunia Metaverse: Kelebihan dan Kekurangan

Tak hanya ramai diperbincangkan oleh pegiat teknologi, dunia metaverse juga banyak dibicarakan oleh para pelaku bisnis. Seiring dengan transformasi jaringan internet dengan menciptakan situs web statis, memungkinkan semua orang menyaksikan evolusi digital.

Apa Saja Kelebihan Dunia Metaverse?

Interaksi dunia digital yang semakin diminati, membuat Anda perlu mengenali dunia metaverse secara keseluruhan. Berikut kelebihan metaverse adalah:

  1. Pengalaman Imersif

Di dalam teknologi metaverse, Anda berkesempatan untuk menjadi siapa saja dan berada di mana saja. Metaverse mengubah cara berkomunikasi digital yang bersifat imersif.

Pengalaman komunikasi ini didukung dengan tampilan futuristik dan sentuhan fisik. Melalui bantuan teknologi VR, teknologi metaverse dapat membuat orang melakukan perjalanan secara virtual, melihat karya seni hingga mencoba berbagai pakaian digital selayaknya berada di dunia nyata.

  1. Membuka Peluang Bisnis

Hampir sebagian besar sektor bisnis menganggap metaverse sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Penggunaan metaverse dalam sektor bisnis tentu mempengaruhi cara pelaku bisnis dalam berjualan dan memasarkan produk atau jasa.

Metaverse dapat dijadikan sebagai media marketing digital yang menjanjikan. Melalui iklan yang diberikan dapat menarik minat pelanggan untuk membeli dan meningkatkan penjualan.

  1. E-learning

Penerapan dunia metaverse dalam bidang pendidikan membuat suasana belajar menjadi lebih menyenangkan dan interaktif. Metaverse menawarkan pembelajaran dalam bentuk 3D sehingga peserta didik dapat melihat secara detail dari bagian-bagiannya.

Advertisement

Melalui pembelajaran digital e-learning, peserta didik dapat memperoleh pemahaman materi yang lebih baik dibandingkan dengan media biasa. Hal ini dapat meningkatkan pengalaman dalam belajar.

  1. Komunikasi Digital

Hadirnya metaverse memungkinkan Anda dapat berkomunikasi secara digital dengan orang lain melalui karakter avatar yang mempresentasikan penggunanya dan berkomunikasi pada dunia yang rumit. Berkomunikasi digital seperti ini tentunya semakin menyenangkan dan berasa di dunia nyata seperti bertatap muka.

  1. Meningkatkan Pengalaman Media Sosial

Penggunaan media sosial terbatas pada interaksi dari layar ke layar. Hal ini disebabkan oleh media sosial yang bersifat 2 dimensi. Metaverse yang bersifat imersif memungkinkan penggunaan materi digital dalam ekosistem virtual.

Dapat disimpulkan bahwa, kelebihan dunia metaverse dapat memberikan kemudahan dalam hidup. Meskipun demikian, Anda juga perlu memahami kekurangan dari perkembangan metaverse ini.

Apa Saja kekurangan Dunia Metaverse?

Berikut kekurangan dunia metaverse yang perlu Anda pahami adalah:

  1. Keamanan Pribadi

Diprediksi bakal menjadi tren di masa depan, ternyata metaverse mengancam keamanan data pribadi. Metaverse dilengkapi dengan berbagai fitur seperti pelacakan wajah, mata, tangan dan juga tubuh. Bahkan, sebagian perangkat metaverse dapat digunakan untuk merekam aktivitas otak melalui elektroensefalogram (EEG) yang semakin menunjukkan kemajuan teknologi.

  1. Perubahan Sosial dan Budaya

Metaverse ternyata memiliki dampak yang lebih berbahaya dibandingkan dengan media sosial. Perkembangan metaverse dinilai dapat mempengaruhi masalah sosial dan perubahan potensi bertemu secara langsung dan bersosialisasi secara fisik. Bahkan, untuk 30 tahun ke depan teknologi AR diprediksi mampu mempengaruhi proses interaksi seseorang.

  1. Batasan Akses Teknologi

Alat yang digunakan untuk mendukung teknologi metaverse memiliki harga yang tinggi. Belum lagi, membutuhkan perangkat tambahan seperti VR headset. Selain itu, dibutuhkan pula koneksi internet untuk terhubung dengan metaverse yang cepat dan stabil. Hal ini tentu akan menjadi batasan akses teknologi apabila semua perangkat pendukungnya tidak dapat dipenuhi.

Perkembangan dunia metaverse tidak terlepas dari kelebihan dan kekurangan yang perlu dipahami. Dengan terjun dalam metaverse, maka Anda siap dalam mengikuti perkembangan teknologi.

Posted in BERITA TEKNOLOGITagged

Published by Chika Chandika

Nama saya Chika Chandika, sejak kecil saya sangat suka sekali dengan dunia teknologi. Nah, saya berfikir untuk membangun dan mengembangkan sebuah blog pribadi yang akan mengungkap invoasi terbaru seputar dunia teknologi terbaru di dunia. Ayo membaca postingan yang telah saya buat untuk menambah pengetahuan anda. Terima kasih.

Advertisement

Imprint
Responsible for the content:
stikesindah.ac.id
Privacy & Terms of Use:
stikesindah.ac.id
Mobile website via:
WordPress AMP Plugin
Last AMPHTML update:
07.05.2024 - 22:33:14
Privacy-Data & cookie usage: