Alasan Menggunakan Android Studio Apk dan Cara Menginstalnya

Mengetahui android studio apk merupakan salah satu aplikasi Android yang Google kembangkan berbasis Integrated Development Environment (IDE).

Android Studio apk merupakan salah satu aplikasi Android yang Google kembangkan berbasis Integrated Development Environment (IDE). Apk kni nantinya dapat membantu pengguna untuk buat aplikasi Android yang handal.

Hal ini karena telah menyediakan berbagai macam alat canggih. Informasi kali ini akan membahas beberapa hal yang berkaitan dengan Android Studio.

Kenali Apa Itu Android Studio Apk

Android package kit atau Apk berguna sekali untuk melakukan instalasi serta distribusi terhadap aplikasi. Dimana biasanya format file ini akan dimanfaatkan untuk sistem operasi berbasis Android.

Namun, istilah dari Apk ini akan berkaitan dengan platform yang dikembangkan olehnya Android studio. Sebab, tersedia perangkat lunak yang berasal dari desktop. Misalnya saja seperti Linux, operasi Windows, sedra macOZ yang sebenarnya Android Studio tidak langsung didistribusikan berbentuk APK.

1. Alasan Menggunakan Android Studio

Tujuan dari pengembangan Android ini menawarkan banyak sekali keuntungan bagi pengguna. Berikut ini sudah ada penjelasan lengkapnya:

  • Tersedia alat yang diperlukan untuk melakukan pengujian, penulis, serta melakukan pendekatan di satu tempat yang ada di aplikasi Android.
  • Melakukan pengujian dan pengembangan platform tanpa perlu perangkat fisik di berbagai macam perangkat. Jadi bisa menggunakan emulator Android yang cepat dan kuat.
  • Dilengkapi dengan berbagai macam kode editor yang akan memberikan dukungan fitur. Misalnya saja seperti navigasi cepat kode statis analisis serta perlengkapan secara otomatis.
  • Penggunaan editor tata letak visual yang lebih mudah digunakan, dimana memiliki pengembang untuk melakukan perancangan antarmuka pengguna atau UI.
  • Telah terintegrasi dengan sistem kontrol versi, seperti Git yang bisa melakukan kolaborasi dengan tim serta pengembangan untuk pelacakan perubahan kode.

2. Cara Menginstal Android Studio

Berikut ini sudah ada beberapa cara untuk mengunduh Android studio, antara lain: 

  • Pertama, bisa buka dan mengunjungi Android Studio di situs resmi melalui developer.android.com/studio. Lalu menginstall versi yang terbaru sesuai dengan sistem operasi saja.
  • Jika pengguna menggunakan windows, jalankan file .exe yang telah terunduh. Lalu untuk melakukan penginstalan bisa dengan mengikuti petunjuk yang ada di layar.
  • Sementara untuk mac OS, pengguna bisa menggeser Studio Android ke Folder Aplikasi dan mengunduh file .dmg yang terinstall.
  • Setelah itu, melakukan ekstrak file .zip yang telah terunduh ke direktori. Lalu bisa mengoperasikan skrip studio.sh.
  • Lanjut menjalankan studio Android sesudah melakukan instalasi. Kemudian, lakukan konfigurasi terhadap pengaturan awal. Misalnya saja untuk pemilihan komponen tambahan yang dibutuhkan serta mengunduh SDK Android.

3. Fitur Utama Android Studio

Terdapat beberapa fitur utama yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna dalam mengembangkan aplikasi ini, antara lain:

  • Layout Editor

Memiliki fitur drag-and-drop, untuk melakukan perancang UI yang ramah pengguna dan mudah dioperasikan. Melakukan pengeditan serta melihat hierarki terhadap komponen dari UI.

  • Code Editor

Dapat membangun kesalahan lebih sedikit lalu penulisan kode yang cepat. Setelah itu, melakukan restrukturisasi terhadap kode tanpa harus merubah file eksternal.

  • Build System

Melakukan pengelolaan terhadap konfigurasi serta dependensi yang build. Lalu penggunaan sistem build yang kuat dan otomatis dari enhance Gradle.

  • Testing Tools

Pemeriksaan logika platform, terhadap dukungan melakukan pengujian unit. Lalu melakukan optimasi interaksi pengguna dengan platform pada alat pengujian UI.

Kesimpulan

Jadi bisa dikatakan aplikasi ini memiliki banyak sekali fitur menarik. Untuk penyimpanan Android Studio apk juga terbilang cukup mudah dan cepat.