Definisi Keyboard Komputer: Pengertian, Sejarah Serta Fungsi

schedule
2024-06-16 | 03:57h
update
2024-06-16 | 03:57h
person
Chika Chandika
domain
stikesindah.ac.id
Definisi Keyboard Komputer: Pengertian, Sejarah Serta Fungsi

Menjabarkan tentang definisi keyboard tidak dapat dilepaskan dari sejarah dan fungsinya. Simak artikel berikut agar wawasan bertambah.

Keyboard menjadi perangkat input utama pada komputer yang memungkinkan pengguna dalam memasukkan data juga perintah. Meskipun sederhana dalam desain, keyboard memiliki sejarah yang kaya juga berfungsi sangat penting dalam berbagai operasi komputer.

Maka karena itu, menjabarkan tentang definisi keyboard menjadi pengetahuan menarik.

Pengertian Keyboard

Keyboard yakni perangkat input yang terdiri dari berbagai tombol yang mewakili karakter berikut fungsi tertentu.

Setiap tombol pada keyboard dapat menghasilkan karakter atau menjalankan fungsi khusus ketika ditekan.

Keyboard komputer modern biasanya memiliki antara 101 hingga 104 tombol, termasuk huruf, angka, simbol, juga tombol fungsi lainnya seperti Control (Ctrl), Alternate (Alt), serta Function (Fn).

Fungsi utama keyboard yaitu agar memungkinkan pengguna memasukkan teks serta perintah ke dalam komputer, serta berinteraksi dengan perangkat lunak maupun sistem operasi.

Sejarah Keyboard

Sejarah keyboard komputer dapat ditelusuri kembali ke mesin tik, yang diciptakan pada akhir abad ke-19.

Mesin tik merupakan alat mekanis yang memungkinkan user mencetak teks pada kertas dengan menekan tombol. Keyboard mesin tik menjadi dasar desain bagi keyboard komputer pertama.

Pada tahun 1960-an, ketika komputer mulai berkembang, keyboard menjadi alat input utama. Keyboard komputer pertama yaitu yang digunakan pada komputer mainframe IBM, keyboard tersebut mirip dengan mesin tik.

Pada tahun 1970-an, dengan munculnya komputer pribadi, keyboard mengalami berbagai perkembangan desain. Apple, IBM, bersama perusahaan lainnya memperkenalkan keyboard yang lebih ergonomis serta fungsional.

Advertisement

Desain layout keyboard QWERTY, diambil dari susunan huruf pada baris pertama keyboard, telah menjadi standar de facto sejak mesin tik pertama. QWERTY dirancang agar mengurangi macetnya batang huruf pada mesin tik manual.

Meskipun banyak layout alternatif seperti Dvorak telah diperkenalkan, QWERTY tetap menjadi paling umum digunakan hingga saat ini.

Dengan berkembangnya teknologi, keyboard juga mengalami inovasi dalam hal konektivitas maupun fungsi.

Keyboard mekanis, menggunakan sakelar mekanis pada setiap tombol, mendapatkan popularitas di kalangan pengguna yang mencari pengalaman mengetik yang lebih tactile serta responsif.

Keyboard nirkabel maupun keyboard dengan pencahayaan latar belakang (backlit) juga menjadi populer.

Berbagai Fungsi Keyboard

Keyboard memiliki berbagai fungsi penting dalam mendukung operasi komputer sehari-hari. Inilah sederet beberapa fungsi utama keyboard:

1. Memasukkan Teks

Fungsi dasar keyboard yaitu memasukkan teks ke dalam komputer.

Setiap tombol huruf, angka, serta simbol memungkinkan pengguna dalam mengetik dokumen, email, pesan, maupun input teks lainnya.

2. Mengakses Fungsi Sistem

Keyboard memiliki tombol fungsi (F1 hingga F12) yang dapat digunakan dalam berbagai tujuan, seperti membuka menu bantuan, menyegarkan halaman, atau mengakses fungsi sistem lainnya.

Tombol seperti Esc, Ctrl, Alt, berikut tombol Windows memungkinkan user dalam melakukan operasi sistem maupun pintasan keyboard.

3. Navigasi

Tombol navigasi, seperti arrow keys, Home, End, Page Up, serta Page Down memungkinkan user ketika berpindah di dalam dokumen maupun halaman web tanpa menggunakan mouse.

4. Pengendalian Aplikasi serta Sistem Operasi

Keyboard dapat digunakan dalam mengendalikan aplikasi serta sistem operasi melalui berbagai pintasan (shortcuts).

Misalnya, Ctrl+C dalam menyalin, Ctrl+V dalam menempel, serta Alt+Tab dalam berpindah antara aplikasi yang terbuka.

5. Gaming

Banyak keyboard diciptakan khusus bagi gaming dengan fitur seperti tombol makro, pencahayaan RGB, serta respons tombol cepat dalam meningkatkan pengalaman bermain game.

6. Fungsi Multimedia

Beberapa keyboard juga dilengkapi tombol khusus dalam mengendalikan fungsi multimedia seperti tombol volume, play/pause, serta skip track, yang memungkinkan user mengendalikan pemutaran media dengan mudah.

7. Fungsi Khusus

Keyboard juga terkadang memiliki tombol khusus dalam aneka tugas tertentu seperti membuka kalkulator, mengunci komputer, atau mengakses aplikasi tertentu dengan cepat.

Kesimpulan

Menjabarkan definisi keyboard menggambarkan keyboard menjadi perangkat input esensial dalam komputasi modern.

Posted in HARDWARETagged

Published by Chika Chandika

Nama saya Chika Chandika, sejak kecil saya sangat suka sekali dengan dunia teknologi. Nah, saya berfikir untuk membangun dan mengembangkan sebuah blog pribadi yang akan mengungkap invoasi terbaru seputar dunia teknologi terbaru di dunia. Ayo membaca postingan yang telah saya buat untuk menambah pengetahuan anda. Terima kasih.

Advertisement

Imprint
Responsible for the content:
stikesindah.ac.id
Privacy & Terms of Use:
stikesindah.ac.id
Mobile website via:
WordPress AMP Plugin
Last AMPHTML update:
16.06.2024 - 05:57:19
Privacy-Data & cookie usage: