Simak Penyebab dan Cara Mengatasi WhatsApp Diblokir

Pengguna dapat melakukan cara mengatasi whatsApp diblokir dengan mudah. Namun pengguna harus memastikan tidak pernah melanggar ketentuan dari WA.

Menemukan cara mengatasi WhatsApp diblokir akan membantu pengguna yang membutuhkannya. Hal ini kerap terjadi pada beberapa pengguna aplikasi WA sehingga menimbulkan ketidaknyamanan.

Namun, kini pengguna bisa bernafas lega karena terdapat tahapan yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Namun hal yang juga penting untuk diketahui pertama yaitu alasan di balik pemblokiran tersebut.

Jika sudah mengetahuinya, maka pengguna dapat mengatasinya dengan lebih baik hingga bisa mengakses lagi pada platforoom tersebut. Lantas, apa saja alasannya?

Penyebab Mengapa WhatsApp Diblokir

Sebelum mengetahui cara mengatasi WhatsApp diblokir, simak beberapa alasan yang perlu diketahui untuk mencegah masalah yang sama terulang kembali:

  1. Mendapat Terlalu Banyak Report dari Pengguna 

Pengguna lain mungkin sering memberikan report ke seorang pengguna dan melakukan pemblokiran. Hal ini dianggap sebagai hal yang sangat mencurigakan oleh pihak aplikasi sehingga mau tidak mau harus melarang nomor tersebut berada dalam aplikasi.

  1. Pengiriman Pesan Terlalu Banyak  atau Spam

WA selalu menegaskan akan melakukan pemblokiran Spam sehingga memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengguna yang berada dalam aplikasi tersebut.

  1. Mengirim Virus ke Pengguna Lain

Hal ini sangat sering terjadi sehingga pihak WA menindak tegas siapa saja pelaku yang melakukan hal tersebut. Apabila suatu file sangat aneh, maka secara otomatis akun tersebut akan diblokir sehingga pengguna lain dapat tetap aman dan nyaman dari peretas.

  1. Masuk ke Grup Terlalu Banyak

Hal ini tentunya menjadikan pengguna seperti bot sehingga harus diblokir oleh sistem WA. 

  1. Meniru Orang Lain

Jangan coba-coba untuk meniru orang lain karena sistem WA akan langsung menindak tegas hal ini. Apabila terdapat laporan tentang tindakan ini, maka sistem akan langsung memblokir pengguna yang melakukannya untuk menjaga keamanan.

  1. Menggunakan WA Pecahan

Perlu diketahui bahwa versi ini tidak atau belum disetujui oleh pihak WA. Jika ketahuan menggunakan atau terdeteksi, maka sistem akan langsung melakukan pemblokiran.

  1. Mengambil Data Pengguna Lain

JIka sistem mengetahui pengguna akun mengambil informasi akun lain secara keseluruhan dan banyak, maka siap-siap untuk diblokir oleh pihak WA.

  1. Melanggar Aturan WA

Bukan hanya pengancaman, spam dan hal diskriminatif, siapa saja akun yang tidak mengikuti aturan WA akan segera terblokir dari aplikasi.

Cara Mengatasi WhatsApp Diblokir dengan Mudah

Pengguna tentu saja masih memiliki kesempatan untuk memulihkan akun apabila memang tidak melakukan pelanggaran seperti yang disebutkan oleh sistem dengan melakukan cara Ini:

1. Pendaftaran Ulang di WA

  • Lakukan penginstalan ulang aplikasi WA tersebut
  • Saat pendaftaran kembali isi nomor yang terblokir
  • Isi kode dari WA
  • Apabila tidak berhasil, pengguna bisa menunggu sekitar satu bulan untuk mencobanya kembali.

2. Ajukan Permohonan

  • Pengguna bisa menginstall WA kembali seperti semula
  • Masuk ke WA personal
  • Isi nomor yang telah diblokir tadi dan pilih “Selanjutnya”
  • tekan tulisan “Dukungan”
  • Isi kode yang berasal dari pihak WA
  • Masukkan ulasan dan informasi yang mendukung

3. Mengirim Email bagi Pihak WA

  • Pengguna bisa menemukan kontak pihak WA
  • Setelah itu tentukan jenis akun apakah bisnis atau personal 
  • Untuk Support Personal: bisa mengisi form secara online
  • Segera kirimkan email ke kontak yang ada sesuai dengan jenis dan lokasi pengguna. 

Pihak WA sangat menjaga kenyamanan dan keamanan dari setiap pengguna aplikasinya. Oleh karena itu, penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi WhatsApp diblokir di atas akan sangat membantu pengguna yang mengalami masalah tersebut.